Danau Lindung Empangau Desa Empangau Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu KALBAR

Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Empangau  Kecamatan Bunut Hilir, dikelola secara bersama antara desa Empangau dan Desa Empangau Hilir, dengan waktu tempuh dari pusat desa kurang lebih 10 menit menggunakan speed boat 40 PK dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Danau Lindung, sesuai dengan SK Bupati  No. 6 Tahun 2001.

Danau Lindung Empangau Desa Empangau Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu KALBAR

Memiliki luas 120 Ha, dengan zona lindung / zona inti sekitar 30 Ha, telah direstocking Ikan Arwana pada tahun 2001, 2003, 2005, 2007 dan 2008 sebanyak 17 ekor dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu,  4 ekor dari WWF (tahun 2009) dan 12 ekor dari income desa. Selain restocking Ikan Arwana, juga telah dilakukan restocking  ikan konsumsi seperti benih Ikan Patin sejumlah 10.000 ekor  ( tahun 2001 ) dan benih  Ikan Jelawat sebanyak 15.000 ekor ( tahun 2008 ) oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, pada tahun 2008 juga telah dilakukan restocking benih Ikan Baung hasil pijahan masyarakat sendiri di bawah bimbingan Balai Riset Perikanan dan Perairan Umum  (BRPPU) Palembang.Di sekitar danau terdapat perumahan nelayan sebanyak 7 buah, kolam/penangkar arwana,  beberapa keramba di zona  pemanfaatan dan perkebunan karet warga.

Sampai saat ini, telah berhasil dipanen anak Ikan Arwana sebanyak 189 ekor yang dibeli oleh para penghoby / penangkar dalam wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dengan harga berkisar antara 3 juta s/d 3,5 juta rupiah, 10% dari hasil penjualan merupakan income desa yang dimanfatkan untuk pembelian  anakan arwana yang akan direstocking kembali ke danau, pembangunan fasilitas umum dan kegiatan sosial lainnya.

Hasil penelitian Balai Riset Perikanan Perairan Umum Palembang  tahun 2008 bahwa rata-rata stock ikan di Danau  Lindung Empangau  5.708 ekor/Ha termasuk tinggi dibandingkan danau-danau lain disekitar Danau Sentarum.

Fasilitas fisik yang pernah diterima antara lain: Pondok wisata dan moubliernya serta  steigher oleh Pemerintah Pusat melalui dana Tugas Pembantuan Direktorat KP3K Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Dinas Perikanan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu. Danau Lindung ini sudah dikenal banyak kalangan bahkan sampai ke tingkat pusat, sehingga sudah cukup banyak tamu / wisatawan yang datang ke sana baik wisatawan lokal, nasional maupun manca negara. 

Organisasi Kepengurusan Danau Lindung Empangau sebagai  berikut :  

  • Ketua                 : Syahminan, A.R
  • Sekretaris         : Abang Akmad
  • Bendahara         : Abang Sudirman
  • Ketua Pokwasmas : Sulaiman
  • Sekretaris         : Syamsudin (Asot)
  • Bendahara         : Jumadi


LihatTutupKomentar